Iklan Produk

Thursday, December 26, 2013

SEJARAH ILMU PEMERINTAHAN

Indonesia di awali dengan Bestuurskunde kemudian Bestuurtenschappen di Belanda menurut G.A. VAN POELJE dalam bukunya pengantar Ilmu Pemerintaha (1979) mulai tahun kuliah pertama sekali pada tahun (1928-1929) yang di ajarkan adalah Jurusan Ekonomi Kenegaraan kemudian menjadi Ilmu Pemerintahan dengan tujuan supaya ilmu baru ini lebih disesuaikan dengan mereka yang bekerja pada dinas umum.

pada tanggal 25 Januari 1928 gugusan luar biasa dilantik dengan demikian maka pengakuan Ilmu Pemerintahan yang diajarkan pada pengajaran perguruan tinggi di Belanda menjadi suatu kenyataan selama 1928-1929 selama selang waktu itu maka memunculkan dua orang otorir pemerintahan yang di promosikan oleh DR. R.E. BOREND dan DR.F. BRECDSVELT.

dimasa itu Ilmu Pemerintahan sebagai struktur SupraIlmu-Ilmu Pemerintahan yang berkaitan dengan ekonomi perusahaan. uraian diatas kemudian disusul dengan adanya pengajaran Ilmu Pemerintahan pada kursus dan Bestuur Academic Pamong Praja di zaman Belanda. Paradigma Ilmu Pemerintahan di Lingkungan Universitas Gadjah Mada pertama kali di ajarkan pada tahun 80-an yaitu dengan struktur sebagai berikut :