Iklan Produk

Thursday, July 12, 2012

Tarian Perang Bawometaluo


 Nias Selatan
Nias Selatan (Nisel) adalah daerah yang paling ingin saya kunjungi di Nias. Dulu, di kunjungan pertama, saya tidak sempat datang ke daerah ini. Saya hanya pergi ke pantai-pantai di daerah Lahewa. Pantai-pantai landai yang keindahannya berbeda dengan pantai-pantai di Nisel.
Daerah ini kaya dengan potensi wisata terutama pantainya yang indah. Sorake, salah satu pantai paling diminati di Nisel, akrab di telinga penggemar olahraga selancar karena mempunyai ombak yang tinggi. Andalan wisata lainnya adalah Pantai Lagundri yang berpasir putih, terletak disebuah laguna yang bersebelahan dengan pantai Sorake. Pantai ini berjarak sekitar 13 km sebelah selatan kota Teluk Dalam. Sedang di Kecamatan Pulau-pulau Batu terdapat lokasi menyelam, terumbu karang, serta ikan- ikan hias, dan pantai berpasir putih.
Kota Teluk Dalam adalah ibukota Kabupaten Nisel. Perjalanan menuju kota ini cukup sulit. Apalagi bagi penduduk asal Medan atau kota besar lainnya. Bila menelusuri daerah pedalaman, tidak jarang jembatan atau badan jalan dalam kondisi rusak. Pernah sekali kami melewati jalanan yang patah separuh badannya. Uh… seram. Kondisi tanah di sebagian besar Nias sangat labil sehingga mudah longsor atau amblas. Untuk melewatinya dibutuhkan nyali dan keahlian. Saya beberapa kali harus menutup mata bila melewati jalanan sulit seperti itu. Untungnya, teman kami sangat ahli mengendarai. Sebagai penduduk asli, ia hafal betul kondisi alam setempat. Mobil yang kami tumpangi pun selalu berhasil mulus melewati setiap jalanan rusak.
Saran saya, bila ke Nias sebaiknya Anda didampingi seorang teman asal Nias sebagai guide lokal. Selain lebih hafal kondisi alam, kemampuan bahasa Niasnya akan membuat Anda lebih nyaman berkeliling. Percayalah!
Di Nisel hanya sinyal telepon seluler tertentu yang beroperasi. Itupun hanya di Kota Teluk Dalam dan daerah padat pemukiman, bila masuk pedalaman sedikit saja sudah blank. Jadi, baiknya selama di perjalanan non aktifkan saja ponsel Anda hingga tiba di tujuan. Lumayanlah untuk menghemat baterai.
Well, total waktu yang dibutuhkan untuk mencapai Nias Selatan dari Gunung Sitoli sekitar 3 jam dengan kendaraan pribadi dan sekitar 4 jam bila dengan angkutan umum kota.