Iklan Produk

Wednesday, July 11, 2012

PKL Peduli KPK

Persatuan Pedagang Kaki Lima Indonesia (PPKLI) memberikan dukungan baik secara moril maupun materil kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk memiliki gedung baru dengan memberikan bantuan berupa uang yang rencananya akan dikumpulkan dari seluruh PKL yang ada se-Indonesia.

"Kami rakyat kecil siap memberikan kepunyaan kami kepada  KPK untuk membasmi para koruptor yang hanya bisa memiskinkan rakyat kecil , dan kami akan mengumpulkan uang kecil per hari dari seluruh PKL yang kurang lebih berjumlah sebanyak 54 juta, untuk digunakan membangun gedung baru yang dibutuhkan," kata Sekretaris Jenderal PPKLI, Junaedi Sitorus, saat ke Gedung KPK.

Junaedi mengatakan bahwa apa yang dilakukannya bukan bersifat politik, namun, menurutnya rakyat kecil harus mendukung apa yg dilakukan oleh  KPK untuk memberantas korupsi, dan hal inilah yang bisa dilakukan oleh rakyat kecil seperti dia.

"Bantuan yang kami serahkan berupa surat dan uang sebesar satu juta rupiah sebagai bukti kami berniat membantu dalam pembangunan gedung baru, namun, uang itu masih belum bisa diterima oleh KPK," tambah Sitorus.

Sitorus menambahkan, memang uang bantuan tersebut tidak diterima oleh KPK untuk saat ini, namun pasti ada jalan keluar bagi masyarakat yang ingin membantu KPK.

Sementara itu, Juru Bicara KPK, Johan Budi mengatakan bahwa KPK akan melakukan koordinasi terlebih dahulu terkait kepedulian masyarakat untuk membantu KPK dalam rencana membangun gedung baru.
"Kami akan melakukan koordinasi terlebih dahulu karena KPK adalah lembaga resmi negara," kata Johan.
Johan mengatakan bahwa banyak masyarakat yang menghubunginya untuk menanyakan perihal yang sama, dan kepedulian masyarakat itu memang harus diapresiasi.

"Ada telepon juga dari masyarakat Riau yang ingin memberikan bantuan kepada KPK, namun harus diingat, bukan KPK yang menggalang dana namun masyarakat," tambah Johan.
Seperti diberitakan, pimpinan KPK menyebut gedung yang saat ini ditempati KPK di daerah Kuningan, Jakarta Selatan, sudah tak lagi memadai untuk menampung seluruh pegawai KPK yang berjumlah sekitar 730 orang.

Gedung tersebut ditempati oleh kurang lebih sebanyak 650 orang, dari kapasitasnya yang hanya untuk 350 orang, sementara sisanya berkantor di dua gedung lain.

KPK juga berencana untuk menambah pegawai guna memenuhi tuntutan masyarakat, terutama DPR, dalam pemberantasan korupsi, dan idealnya, pegawai KPK seharusnya berjumlah sekitar 1.200 orang. Apabila dibandingkan dengan jumlah pegawai KPK di Malaysia dan Hong Kong, yang masing-masing negara mempekerjakan lebih dari 2.500 orang.

Politisi Dewan Perwakilan Rakyat Komisi III mengaku mendukung gedung baru untuk KPK, namun hingga saat ini masih belum ada realisasi, meskipun wacana gedung baru tersebut telah diajukan sejak dua tahun lalu oleh KPK.