Iklan Produk

Friday, January 17, 2014

Format Rencana PKL








OUTLINE DESAIN RISET




JUDUL ..............




 










                                                          Oleh : ...........................
                                                           Nim : ............................




    Prodi ....................
    FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
    UNIVERSITAS............................................
    Medan, 2014

 


                                                                                                           
BAB I
Pendahuluan




1.1. Latar Belakang

Berisi tentang rangkaian fenomena sesuai permasalahan yang akan diteliti. Perlu diingat fenomena pada bagian ini sangat memerlukan dukungan data empiris serta berbagai sumber informasi yang dinilai valid lainnya.


1.2. Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah dideskripsikan di atas, selanjutnya dapat dirumuskan permasalan penelitian yang relevan.


1.3. Tujuan
Yakni disusun berdasarkan adanya keinginan penulis untuk mengungkap jawaban sesuai dengan permasalahan yang diajukan sebelumnya.



1.4. Manfaat Penelitian

Manfaat penelitian dapat disederhanakan secara praktis dan teoritis. Jika menyangkut kebutuhan lembaga tertentu, manfaat  tersebut dapat diajukan secara spesifik pada bagian ini.
BAB II
Tinjauan Pustaka






Berisikan susunan pendekatan serta teori yang diperlukan untuk melihat  permasalahan penelitian sebenarnya dari kacamata pendekatan dan teori yang digunakan. Bagian ini sekurang-kurangnya memuat grand theory serta applied theory yang relevan dengan permasalahan penelitian dan sumber pustaka yang digunakan hendaknya masih berada pada interval waktu 10 tahun ke belakang. Selanjutnya bagian ini juga dapat dilengkapi dengan kerangka pemikiran yang sederhana sehingga mahasiswa nantinya akan mendapatkan kemudahan dalam penyusunnan skripsi secara sistematis. (Dapat dilengkapi dengan kerangka pemikiran penelitian berdasarkan teori yang telah dipahami pada peninjauan pustaka).
















BAB III
Metodelogi

Bagian ini sekurang-kurangnya meliputi;



3.1.  Bentuk Penelitian

Yakni disusun berdasarkan rencana pendekatan penelitian yang akan digunakan dalam upaya menjawab permasaklahan penelitian.

3.2.  Populasi dan Sampel

Diputuskan berdasarkan lokasi dan tempat penelitian sehingga memenuhi derajad keterwakilan yang baik dan dapat dipertanggungjawabkan  secara ilmiah.
3.3. Teknik Pengumpulan Data

Diputuskan sesuai karakter populasi, sampel serta tujuan pengambilan keputusan yang komprehensif. Alternatif pilihan dapat mencakup ; (1) Kuesioner penelitian , (2) Wawancara, dan (3) Studi Dokumentasi.

3.4.  Jenis dan Sumber Data


a.        Primer          :     Diperoleh langsung dari lapangan penelitian
b.        Sekunder     :     yakni merupakan data atau informasi yang telah diolah
                           oleh  sumber terkait yang diperoleh dari studi dokumentasi.

3.5.  Teknik Analisa Data

Disusun sesuai dengan tujuan mendapatkan jawaban atas permasalahan penelitian ini.
3.6.  Lokasi Penelitian dan Waktu Penelitian

Disesuaikan dengan lokasi tempat berlangsungnya kegiatan penelitian serta rencana alokasi waktu yang dibutuhkan oleh mahasiswa untuk menyelesaikan penelitian tersebut.
Daftar Pustaka

Berisikan seluruh sumber kepustakaan yang digunakan baik sumber pustaka yang dipeoleh melalui proses pengunggahan melalui fasilitas online dengan ketentuan menyertakan minimal hari dan tanggal sumber pustaka tersebut diunggah oleh mahasiswa yang terkait.