Iklan Produk

Wednesday, June 27, 2012

Perubahan Kebudayaan

 Menurut Pendapat Para Ahli Tentang Pengertian Perubahan Kebudayaan
 
SUPARLAND
membentuk pengertian antara perubahan sosial dan perubahan kebudayaan
  • Perubahan Sosial adalah perubahan struktur dan pola-pola hubungan sosial yang mencakup sistem status hubungan keluarga dalam lingkungan kekerabatan, sistem politik, kekutan dan penyebaran penduduk
  • Perubhan Kebudayaan adalah perubhan yang terjadi dalam sistem ide yang dimiliki bersama oleh para warga atau sejumlah warga masyarakat yang bersangkutan .
  • Perubahan tersebut mencakup aturan-aturan atau norma-norma yang digunakan sebagai peganggan, acuan dan pedoman dalam berkehidupan masyarakat, nilai-nilai ilmu pengetahuan, teknologi, selera, rasa keindahan atau kesenian dan bahasa.

nb: perubahan kebudayaan terjadi pada kelompok
perubhan sosial terjadi pada perorangan

JL.GILLIN DAN JP.GILLIN

  • Perubahan Kebudayaan adalah variasi dari cara-cara hidup yang telah di terima dan berlaku dalam masyarakat yang disebabkan oleh faktor geografis, nilai-nilai kebudayaan yang berupa alat yang mempertinggi taraf kehidupan, perubahan komposisi penduduk atau ideologi yang berasal dari luar dengan jalan difusi(peleburan) atau yang berhasil dalam jalan masyarakat itu sendiri karena invention(pembauran).

HARSOJO
Bahwa materi perubhan kebudayaan yaitu :
1.Difusi kebudayaan
2.Discover atau invention
3.Akulturasi (proses belajar)
4.Assimilation (pembauran)

LINTON
mengatakan dalam perubahan kebudayaan sebagai dinamika kebudayaan mempunyai 2 aspek persoalan yaitu :
  1. Proses pertumbuhan dan perubahan kebudayaan yang memberi isi dan bentuk kebudayaan pada saat tertentu dalam sejarahnya
  2. Proses interaksi melihat hubungan perubahan kebudayaan (pendekatan aplikasi)